Tuesday 10 July 2012

Menu Berbuka Puasa

Bulan Puasa sebentar Lagi....menghitung hari.
saat saat paling enak kalo puasa itu adalah saat di berbuka.terasa fresh... hehehehe.

berikut kuliner yang enak saat berbuka puasa:

1. Kolak



Kolak atau kolek merupakan penyegar ringan berupa rebusan buah pisang, umbi ubi jalar, salut biji nangka, atau umbi singkong yang diberi cairan manis dan gurih yang terbuat dari gula kelapa atau gula jawa dan santan dan diberi daun pandan wangisebagai pewangi. Sebagai tambahan dapat pula diberi serta kolang-kaling.
Kolak sangat populer dan dikenal di seluruh penjuru Indonesia. Karena pembuatannya mudah, hampir tidak dikenal variasi tempatan dalam resepnya.
Konsumsi kolak biasanya meningkat pada bulan Ramadan karena kolak populer sebagai makanan pembuka puasa.

2. Cendol


Cendol merupakan minuman khas Indonesia yang terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan. Rasa minuman ini manis dan gurih. Di daerah Sunda minuman ini dikenal dengan nama cendol sedangkan di Jawa Tengah dikenal dengan nama es dawet. Berkembang kepercayaan populer dalam masyarakat Indonesia bahwa istilah "cendol" mungkin sekali berasal dari kata "jendol", yang ditemukan dalam bahasa Sunda, Jawa dan Indonesia; hal ini merujuk sensasi jendolan yang dirasakan ketika butiran cendol melalui mulut kala tengah meminum es cendol.
Tepung beras diolah dengan diberi pewarna berwarna hijau dan di cetak melalui saringankhusus, sehingga berbentuk buliran. Pewarna yang digunakan awalnya adalah pewarna alami dari daun pandan, namun saat ini telah digunakan pewarna makanan buatan. Di Sundacendol dibuat dengan cara mengayak kukusan tepung beras yang diwarnai dengan daun sujidengan ayakan sehingga diperoleh bentuk bulat lonjong yang lancip di ujungnya. Di Sundaminum cendol disebut nyendol.
Minuman ini biasanya disajikan sebagai pencuci mulut atau sebagai makanan selingan. Sesuai disajikan disiang hari.


Demikianlah menu berbuka puasa yang paling nikmat....... 

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More